E-Commerce dan Manajemen Operasi
Internet
Merupakan perkembangan revolusioner untuk mengelola operasi
perusahaan. Internet menyatukan aktivitas desain, manufaktur, pengiriman,
penjualan, dan layanan purna jual. Kelebihan internet adalah kecepatan, manajer
mampu membuat keputusan dengan informasi yang lebih baik dan dengan waktu yang
cepat. Perusahaan yang menggunakan internet akan menjadi lebih efisien.
Electronic commerce
Merupakan penggunaan jaringan komputer, terutama internet untuk
menjual dan membeli produk atau jasa dan informasi. Teknologi ini dapat
diterapkan diantara bisnis dan konsumen atau antara konsumen itu sendiri. Empat
definisi e-commerce yang dipakai :
Bisnis-ke-bisnis (B2B), kedua pihak yang melakukan
transaksi adalah perusahaan, organisasi nirlaba, atau pemerintah.
Ekonomi E-commerce
Desain produk
Manajer operasi mendapati bahwa kerja sama antara e-commerce
dengan tim dalam desain produk dan proses tidak hanya lebih murah tapi juga
lebih baik dan lebih cepat. Anggota tim yang berada di lokasi yang berbeda
dapat berbagi penfetahuan dengan biaya rendah. Kompleksitas pengembangan dan
pendefinisian produk meningkat dengan beralihnya tanggung jawab desain dari tim
yang terpusat menjadi tim pengembangan produk yang tersebar diseluruh dunia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar