Senin, 18 November 2013

E-Commerce dan Manajemen Operasi



E-Commerce dan Manajemen Operasi
Internet
Merupakan perkembangan revolusioner untuk mengelola operasi perusahaan. Internet menyatukan aktivitas desain, manufaktur, pengiriman, penjualan, dan layanan purna jual. Kelebihan internet adalah kecepatan, manajer mampu membuat keputusan dengan informasi yang lebih baik dan dengan waktu yang cepat. Perusahaan yang menggunakan internet akan menjadi lebih efisien.
Electronic commerce
Merupakan penggunaan jaringan komputer, terutama internet untuk menjual dan membeli produk atau jasa dan informasi. Teknologi ini dapat diterapkan diantara bisnis dan konsumen atau antara konsumen itu sendiri. Empat definisi e-commerce yang dipakai :
Bisnis-ke-bisnis (B2B), kedua pihak yang melakukan transaksi adalah perusahaan, organisasi nirlaba, atau pemerintah.
Bisnis-ke-konsumen (B2C), transaksi di mana pembeli merupakan konsumen individu.
Konsumen-ke-konsumen (C2C),konsumen menjual secara langsung satu sama lain melalui iklan elektronik atau situs pelelangan.
Konsumen-ke-bisnis (C2B), individu menjual barang atau jasa ke perusahaan.
Ekonomi E-commerce
E-commerce melakukan revolusi pada manajemen operasi dengan biaya secara efektif. Seperti menigkatkan efisiensi pertemuan pembeli dan penjual, memudahkan pertukaran informasi, barang, dan jasa, serta kenyaman karena gudang elektronik yang murah dibangun pada sistem e-commerce. E-commerce sedang memindahkan ekonomi dunia mendekati apa yang disebut sebagai pasar yang sempurna.
Desain produk
Manajer operasi mendapati bahwa kerja sama antara e-commerce dengan tim dalam desain produk dan proses tidak hanya lebih murah tapi juga lebih baik dan lebih cepat. Anggota tim yang berada di lokasi yang berbeda dapat berbagi penfetahuan dengan biaya rendah. Kompleksitas pengembangan dan pendefinisian produk meningkat dengan beralihnya tanggung jawab desain dari tim yang terpusat menjadi tim pengembangan produk yang tersebar diseluruh dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar