Memahami Manajemen
Rantai Pasokan
Rantai pasokan mencakup semua bagian
diantaranya suppliers, produsen, distributor dan pelanggan, baik secara
langsung maupun tidak langsung dalam memenuhi permintaan pelanggan. Rantai
pasokan meliputi tidak hanya pada pembuat dan suppliers tetapi juga pengangkut,
gudang, pengecer, dan bahkan pelanggan itu sendiri.
Pada tiap-tiap organisasi seperti
perusahaan manufaktur, rantai pasokan meliputi seluruh fungsi-fungsi yang
terlibat dalam penerimaan dan pengisian permintaan pelanggan. Fungsi ini
termasuk, tetapi tidak dibatasi, perkembangan produk baru, pemasaran, operasi,
distribusi, keuangan, dan customer service.
Rantai pasokan merupakan hal yang
dinamis dan melibatkan aliran informasi yang konstan, produk, dan keuangan
antar tingkat-tingkat yang berbeda. Pada kenyataannya, tujuan utama dari
berbagai rantai pasokan adalah memenuhi kebutuhan pelanggan dan dalam
prosesnya, menghasilkan keuntungan bagi dirinya sendiri.
Rantai pasokan menimbulkan gambaran
atas pergerakan produk atau pasokan dari supplier kepada pembuat produk,
distributor, pengecer, pelanggan sepanjang rantai.
Supply chain biasanya melibatkan variasi dari tingkat-tingkat. Tingkat-tingkat ini meliputi:
Supply chain biasanya melibatkan variasi dari tingkat-tingkat. Tingkat-tingkat ini meliputi:
- Pelanggan
- Pengecer
- Distributor
- Pembuat produk
- Komponen atau supplier bahan baku.
Gambar dari tingkat-tingkat rantai pasokan:
Penjelasan:
Tiap-tiap tingkat dari rantai
pasokan dihubungkan melalui aliran produk, informasi, dan keuangan. Aliran ini
biasanya terjadi secara langsung dan mungkin diatur oleh satu tingkat atau
perantara. Tiap-tiap tingkat tidak ingin ditunjukkan dalam rantai pasokan.
Rancangan rantai pasokan yang tepat tergantung pada kebutuhan pelanggan dan
peran yang dijalankan oleh tiap-tiap tingkat yang terlibat.
Tujuan dari tiap rantai pasokan
seharusnya untuk memaksimumkan keseluruhan nilai. Nilai dari rantai pasokan
berbeda antara apakah hasil akhir tersebut berharga bagi pelanggan dan biaya
rantai pasokan yang terjadi dalam pengisian permintaan pelanggan.
Rancangan, perencanaan, dan kaputusan operasi menjalankan peran penting dalam kesuksesan atau kegagalan sebuah perusahaan.
Tahap-tahap dalam pembuatan keputusan rantai pasokan:
Rancangan, perencanaan, dan kaputusan operasi menjalankan peran penting dalam kesuksesan atau kegagalan sebuah perusahaan.
Tahap-tahap dalam pembuatan keputusan rantai pasokan:
- Strategi atau rancangan rantai pasokan.
Selama tahap ini memberikan rencana
pemasaran dan penentuan harga bagi produk, perusahaan memutuskan bagaimana
struktur rantai pasokan pada beberapa tahun ke depan.
- Perencanaan rantai pasokan.
Keputusan yang dibuat selama tahap
ini kerangka waktu yang dipertimbangkan adalah seperempat tahun. Susunan rantai
pasokan ditentukan fase strategic yang telah pasti. Susunan ini menentukan
hambatan yang ada. Keberhasilan perencanaan untuk memaksimumkan surplus rantai
pasokan yang dapat dihasilkan dengan perencanaan memberikan hambatan yang
timbul selama fase design atau strategic.
- Operasi rantai pasokan
Waktu yang digunakan disini adalah
mingguan atau harian, dan selama fase ini perusahaan membuat keputusan
berdasarkan order pelanggan individual.
Sumber http://kumpulan-artikel-ekonomi.blogspot.com/2009/10/drivers-dan-metrics-dalam-rantai.html
Sumber http://kumpulan-artikel-ekonomi.blogspot.com/2009/10/drivers-dan-metrics-dalam-rantai.html
https://jasa-import-murah.com/
BalasHapushttps://jasa-import-murah.com/jasa-import-besi-baja/
https://jasa-import-murah.com/jasa-import-mesin/
https://jasa-import-murah.com/jasa-import-alat-berat/
https://jasa-import-murah.com/tips-melakukan-jasa-import-alat-kesehatan/
https://jasa-import-murah.com/jasa-customs-clearance/